Call us on 0813 1940 1546

Home » Tangga Aluminium » Element Tangga dan Fungsinya

Element Tangga dan Fungsinya

aluminiunTangga tersusun atas beberapa bagian, pondasi tangga, seperti ibu tangga, anak tangga, railing, bordes, dan baluster.Untuk mendapatkan desain tangga yang aman dan nyaman, diperlukan desain yang tepat dan perlu diperhatikan mengenai bentuk dan ukurannya. Misalnya,tangga untuk bangunan tempat tinggal, tentunya berbeda dengan ukuran tangga untuk bangunan perkantoran.

Element Tangga terdiri dari ;

 

 

  1. Pondasi Tangga
    Pondasi tangga ini di buat sebagai tumpuan dasar agar lantai tidak menahan beban terpusat yang besar agar tangga tidak mengalami penurunan dan pergeseran.
  2. Ibu Tangga
    Merupakan bagian – bagian konstruksi pokok yang mendukung anak tangga yang berfungsi mengikat anak tangga.
  3. Anak Tangga
    Merupakan elemen dari tangga yang perlu perhatian cukup penting. Karena sering dilalui untuk naik turun pengguna, bahan permukaan anak tangga harus benar-benar aman, nyaman agar terhindar dari kemungkinan kecelakaan seperti terpeleset karna licin atau terlalu sempit. Anak tangga terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian horizontal (pijakan datar) dan vertical (pijakan untuk langkah naik), di buat secara menerus bersambung keatas.
  4. Railing
    Merupakan pegangan dari tangga. Material yang bisa digunakan bermacam jenis nya. Misalnya menggunakan pegangan dari bahan kayu, besi hollow bulat, baja, dll. Terkadang saya juga sering jumpai tangga yang tanpa railing, dan ini penting untuk diperhatikan, misalnya menjaga anak-anak yang ingin menaiki tangga, jangan sampai terjatuh karena tidak ada railingnya.
  5. Bordes
    Bordes biasa juga disebut Landing. Merupakan bagian dari tangga sebagai tempat beristirahat menuju arah tangga berikutnya. Bordes juga berfungsi sebagai pengubah arah tangga. Umumnya, keberadaan bordes setelah anak tangga ke 15. Kenyamanan bordes juga perlu diperhatikan, untuk lebarnya harus diusahakan sama dengan lebar tangga.
  6. Baluster
    Merupakan penyangga pegangan tangga, biasanya bentuknya mengarah vertical. Material baluster bisa terbuat dari kayu, besi, beton, juga baja. Terkadang juga saya pernah melihat material baluster menggunakan kaca.Untuk keamanan dan kenyamanan pengguna tangga, usahakan jarak antar baluster tidak terlalu jauh, terutama untuk keamanan anak kecil.ya itulah bagian bagian dari tangga yang harus kita ketahui agar jika kita mendesain tangga, tangga tersebut menjadi nyaman dan aman untuk dipergunakan
The following two tabs change content below.
PT. Rapi Lancar Wisesa adalah perusahaan bergerak dalam bidang produksi Tangga Alumunium dan Jemuran Alumunium dan Accecoris Tangga. PT. Rapi Lancar Wisesa juga memasarkan hasil produksinya kepada distributor-distributor di seluruh indonesia. jika pengunjung tertarik untuk membeli PRODUK dari Kami. Hubungi ke : 0813 1904 1546 ( marketing support )Atau kirim email ke [email protected] Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *